Selasa, 16 Juni 2009

PENDAHULUAN

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Kimia, mungkin suatu kata yang sedikit menakutkan bagi banyak orang yang belum memahami benar akan arti ilmu kimia itu sebenarnya. Segala sesuatu yang mengandung bahan kimia dianggap buruk dan membahayakan. Berbagai produk makanan dan minuman dianggap aman untuk dikonsumsi bila tidak mengandung zat kimia. Bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai ilmu kimia itu sendiri anda bisa belajar melalui web kimia interaktif ini............. Belajar kimia bukanlah hal yang rumit. Janganlah berkecil hati seandainya anda merasa kesulitan. Tetaplah tekun berlatih dengan berbagai soal-soal kimia baik yang ada dakam buku maupun yang ada dalam web ini.

Kimia adalah pelajaran yang bermanfaat. Seperti kita ketahui zat-zat kimia ada yang berbahaya bagi kehidupan manusia. Pada beberapa waktu lalu ada beberapa merk kosmetik ditarik dari peredaran karena mengandung merkuri. Merkuri diketahui berbahaya karena menyebabkan kanker. Ini merupakan salah satu contoh manfaat dari belajar kimia.

B. TUJUAN PEMBUATAN WEB SITE

Tujuan pembuatan web site ini adalah untuk mempermudah siswa dalam memahami sifat-sifat koloid. Dalam web site ini sudah ditampilkan beberapa animasi yang diharapkan mampu memperdalam pemahaman siswa, khususnya mengenai sifat-sifat koloid. Selain itu, dalam web ini juga ditampilkan latihan soal dan tes evaluasi yang dapat menambah kemantapan siswa dalam menguasai sifat-sifat koloid. Dalam latihan soal siswa dapat langsung mengecek jawabannya sendiri untuk mengetahui apakah jawabannya benar atau salah serta dalam tes evaluasinya siswa juga dapat mengecek berapa nilai yang diperolehnya setelah menjawab soal.

C. INDIKATOR KETUNTASAN

Indikator: siswa diharapkan dapat membedakan antara larutan, koloid dan suspensi dengan mengamati sifat sifat yang ada, karena disini koloid memiliki sifat-sifat yang khas.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui web ini, adapun tujuan dari pembelajaran kimia terutama mengenai sifat-sifat koloid adalah sebgai berikut:

1. Menjelaskan hasil pengamatan tentang efek tyndall dan gerak brown dan bagaimana terjadinya efek tyndall.

2. Menjelaskan peristiwa terjadinya mutan listrik pada partikel koloid.

3. Menjelaskan kestabilan koloid dan peristiwa elektrolisis

4. Mengamati dan menjelaskan bagaimana terjadinya koagulasi koloid dalam kehidupan sehari-hari dan menjelaskan penyebabnya.

4 komentar: